17 Desember 2008

Membedakan Flasdisk Kingston Yang Asli dengan Yang Palsu

Berdasarkan informasi milis yang saya ikuti, ada beberapa tips untuk membedakan flasdisk Kingston yang asli dengan yang palsu. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kepala USB

kepala-usb

Produk palsu (sebelah kiri) tidak ada tulisan pada ujung kepalanya dan ukurannya agak pendek.

2. Tuas Geser Kepala USB

tuas-geser

Pada yang palsu (bawah) warna plastiknya agak kebiruan dan agak tersendat-sendat ketika di geser keluar masuk. Jika kepala USB pada yang palsu ditekan agak keras, maka kepala USB dapat masuk ke posisi semula. Sedangkan pada yang asli, kepala USB sangat kokoh sehingga tidak akan masuk hanya dengan menekan kepala USB.

3. Bahan Plastik USB

bahan-plastik

Bahan plastik flashdisk palsu (atas) agak kebiruan dan bahannya tidak sekeras yang original. Juga tidak adanya plastik tipis sebagai pelindung lecet pada tulisan Data Traveler.

4. Posisi Ketika Dicolokkan

posisi-dicolok

posisi-dicolok-asli

Gambar atas (palsu) menunjukan Flasdisk agak miring ke bawah namun gambar bawah (asli) flash disk lurus pada saat dicolok.

5. Nama Drive dan Nama Device

Pada yang asli nama drive-nya "Kingston" namun pada yang palsu nama drive-nya adalah "Removable Drive".

Kita harus mengacungkan jempol untuk yang palsu.. sebab nama device FlashDisknya adalah "Kingston2.0" sedang untuk yang asli Untuk Nama device FlashDisk nya "KingstonData Traveller2.0" . (screenshot nama flashdisk dapat di lihat di point 6)


6. Bencmark

benchmark1

benchmark21

Dapat dilihat gambar atas (palsu) transfer rate yang lambat pada saat permulaan dan tiba-tiba melonjak tinggi disaat pertengahan dan access time yang tinggi.

Sekedar informasi tambahan. Dipasaran harga Flashdisk yang palsu ini dapat berbeda 20 ribuan harganya. Jadi anda jangan tertipu oleh Flashdisk ASPAL ini.

MUDAH-MUDAHAN BERMANFAAT

Tatang Ridwan

tatangr@ami.co.id





1 komentar:

Viki mengatakan...

manteb-mamteb kueren-kueren muakasih-muakasih