03 Mei 2009

Pilkadus Touchscreen di Jembrana Dapat MURI

Untuk kedua kalinya Pemerintah Kabupaten Jembrana menggelar Pilkadus dengan menggunakan layar sentuh (touch screen)  setelah beberapa waktu yang lalu sukses  menggelar acara yang sama untuk pertama kalinya di Banjar/Dusun Pasatan.

Kali ini acara yang diadakan di Banjar Wali, Desa Yehembang begitu spesial karena dihadiri oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Bapak Taufik Effendi yang langsung menyaksikan proses e-voting tersebut. Di sela-sela pelaksanaan e-voting di Dusun Wali ini, Musium Rekor Indonesia menyerahkan piagam MURI kepada Bupati Jembrana I Gede Winasa, atas prakarsanya menyelenggarakan pemilihan kepala dusun tanpa kertas surat suara namun menggunakan touch screen. Piagam diserahkan oleh Direktur MURI Paulus Pangka, SH.

Pelaksaaan e-voting di Dusun Wali diikuti 814 pemilih dengan jumlah calon 4 orang, yaitu I Made Aryadana, Dewa Putra Gede Sanjaya, Made Sukanadi dan I Ketut Widastra. Menggunakan 4 terminal verifikasi dan 4 terminal touch screen, e-voting berlangsung singkat.

Tepat pukul 12.30 wita lewat layar LCD yang disediakan oleh panitia, masyarakat langsung bisa mengetahui pemenangnya. Hasilnya, Dewa Putra Gede Sanjaya berhasil meraih suara tertinggi yaitu 261 suara sedangkan golput hanya 14%.

Untuk info tambahan tentang e-voting ini bisa lihat link-link berikut :

http://desudi.wordpress.com

http://public.kompasiana.com

Tidak ada komentar: