11 September 2009

Besarnya Pengaruh Seorang Steve Jobs


Mungkin hampir semua orang pengguna internet ataupun komputer mengenal sosok Steve Jobs sang CEO Apple. Baru-baru ini sang CEO kembali menggemparkan dunia maya setelah comeback-nya dari peristirahatan karena sakit yang dideritanya. Semua orang penasaran akan isi pidato yang Jobs ucapkan pada acara Apple di San Fransisco, pada Rabu waktu setempat.

Dan ternyata, event itu turut mengguncang dunia maya, bahkan sempat membuat down situs mikroblogging populer, yakni Twitter. Hal ini disebabkan saking banyaknya penghuni Twitter yang saling berbagi mengenai informasi pidato Jobs.

Beruntung, ngadatnya Twitter langsung bisa ditangani 15 menit kemudian, meskipun beberapa pengguna masih ada yang kesulitan dengan halaman @messagesnya yang gagal direfresh. Sebelumnya, sejumlah pengguna juga kesulitan untuk log-in ke Twitter yang ditandai dengan halaman kosong bertuliskan "HTTP Server Error 503" saat mereka coba masuk.

Kejadian yang mengesalkan ini terjadi sesaat setelah Jobs naik panggung dan mengejutkan fansnya. Laporan lain menyebutkan, kemacetan terjadi di tengah-tengah pidato Jobs yang berisi pengumuman bahwa software iTunes yang baru akan bisa kompatibel dengan Twitter.

Jobs sendiri sebenarnya tidak memiliki akun Twitter, tapi ia sudah punya segudang 'follower'. Setiap kali ia berbicara, maka followernya akan segera menyiarkannya ke seluruh penjuru. Topik "Apple" dan "Jobs" bahkan langsung melesat menjadi trending topics.

Ngadat-nya Twitter akibat 'ulah' Apple memang bukan untuk pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, situs ini juga dibuat down pada Januari 2008 lalu ketika Jobs menyampaikan gagasannya. Dengan beberapa kejadian tersebut menandakan bahwa Steve Jobs mempunyai pengaruh dan pengikut yang tidak bisa disepelekan lagi.

sumber

Tidak ada komentar: