15 Agustus 2009

Rahinan Tumpek Landep

Hari ini Sabtu, 15 Agustus 2009 yang menurut kalender Hindu Bali adalah rahinan Tumpek Landep yang jatuh setiap 6 bulan sekali pada Saniscara Kliwon Wuku Landep.

Tumpek = Asal dari kata Tumampek yang kurang lebih berarti mendekatkan diri kepada sang Maha Pencipta dengan jalan mensyukuri segala ciptaan-Nya  baik secara langsung maupun tidak langsung kita nikmati. Sedangkan landep berarti tajam. Jadi makna dari Tumpek Landep adalah hari raya yang bertujuan untuk mengingatkan umat untuk selalu mendekatkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan jalan mensyukuri segala ciptaan-Nya serta guna memperoleh pencerahan dan ketajaman bathin agar dapat berfikir dengan bijaksana guna tercapainya kedamaian di hati dan dunia.

Secara simbolik pada rahinan ini juga dibersihkan senjata-senjata atau peralatan yang berasal dari logam yang dipergunakan untuk melancarkan usaha dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Misal keris, tombak, pisau, ataupun kendaraan (baik bermotor maupun tidak).

Pada intinya makna Hari Raya Tumpek Landep adalah penyucian dan pendekatan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widi Wasa supaya bathin dan pikiran kita selalu tajam untuk bersyukur kepada-Nya.

sumber: Parisada Hindu Dharma Indonesia.

Tidak ada komentar: